Jumat, 03 Desember 2010

Perbedaan antara Jin dan Syaithan serta Iblis.

perbedaan antara Jin dan Syaithan dan Iblis.

Jin berasal dari bahasa Arab yang secara harfiah adalah sesuatu yang berkonotasi “tersembunyi” atau “tidak terlihat”. Didalam ajaran agama Islam tidak ada makhluk yang bernama Hantu, tetapi yang ada ialah Jin. Jin adalah makhluk yang diciptakan oleh Allah dari api. Jin pun seperti halnya manusia ada yang laki-laki dan ada yang perempuan. Jin pun seperti halnya manusia yaitu melakukan perkawinan. Nenek-moyang seluruh Jin adalah Iblis. Jin dibagi dari dua bagian yaitu ada Jin kafir dan ada Jin Islam. Bahkan ada juga Jin yang pintar seperti manusia. Jin pun seperti halnya manusia yaitu selalu menempati suatu tempat. Bahkan Jin adalah makhluk-halus yang bersama-sama dengan manusia, tetapi Jin itu ghaib dan tak dapat dilihat oleh mata manusia. Jin tinggal di alam Jin.

Syaithan adalah bahasa Arab yaitu syaythan. Syaythan adalah berasal dari kalimat Sathan yang berarti jauh. Maka kalimat Syaythan yang berarti Syaithan adalah bisa diartikan dengan jauh dari rahmat Allah. Bahkan didalam Qur’an, kalimat Syaithan pun berarti syaril yang contohnya didalam surah An-Nas: “Min syaril waswasil khanass!” yang artinya adalah: Dari kejahatan syaithan yang selalu bersembunyi!” Dalam Qur’an, kalimat Syaithan yaitu sering diartikan sebagai orang yang kafir yang menentang Nabi Muhammad. Tetapi Syaithan yang sesungguhnya adalah ghaib dan tak dapat dilihat oleh mata manusia. Syaithan adalah makhluk yang diciptakan dari api seperti halnya Jin. Syaithan adalah makhluk sejenis Jin yang sama-sama ghaib dan terbuat dari api yang panas. Yang dimaksud dengan kalimat Syaithan, bukan hanya Jin, tetapi manusia pun dapat dikategorikan sebagai Syaithan, jikalau manusia tersebut jahat dan durhaka. Karena yang dimaksud dengan kalimat Syaithan adalah durhaka. Maka jikalau ada manusia yang durhaka kepada Allah dan Jin yang durhaka kepada Allah dan Hewan (Binatang) yang durhaka kepada Allah, maka mereka adalah Syaithan. Didalam bahasa Sunda dikatakan dengan kalimat “SETAN BUBUNGKEULEUKAN” yang artinya “Syaithan Yang Berwujud Manusia.” Lalu apakah perbedaan antara Jin dan Syaithan?…

Sesungguhnya perbadaan antara Jin dan Syaithan adalah kalau Jin adalah makhluk yang tercipta tetapi tak pernah untuk menggoda manusia, tetapi kalau Syaithan adalah makhluk yang tercipta yang khusus yang hanyalah untuk menggoda Manusia dan Jin. Jikalau ada Jin yang jahat, maka Jin tersebut telah digoda oleh Syaithan. Maka Jin dan Syaithan adalah makhluk yang satu makhluk, tetapi berbeda tugas nya. Tetapi persamaannya adalah sama-sama ciptaan Allah yang diciptakan dari api dan mereka sama-sama makhluk yang nenek-moyang nya adalah Iblis semata.

Iblīs adalah berasal dari bahasa Arab yang artinya adalah “Dia Yang Dipukul Memar.” Mungkin orang Arab menamakan Iblis sebagai “Dia Yang Dipukul Memar” adalah disebabkan karena Iblis adalah makhluk yang telah dipukul dan dilempar oleh Allah dari Surga. Tetapi kalimat Iblis adalah bahasa Arab yang berasal dari kalimat Balasa. Kalimat Balasa adalah bahasa Arab yang berarti Menyesal. Mengapakah Iblis itu diartikan dengan Menyesal?… Karena Iblis adalah makhluk yang bakalan menyesal di dunia dan di akhirat kelak. Iblis adalah makhluk yang diciptakan oleh Allah dari api. Iblis adalah nama nenek moyang dari bangsa Jin dan Syaithan yang sebagaimana Nabi Adam dan Siti Hawa adalah seorang nenek moyang dari bangsa manusia. Dulunya Iblis adalah makhluk Allah yang paling ta’at kepada Allah, tetapi pada saat dia disuruh untuk bersujud kepada Nabi Adam, maka dia menjadi makhluk yang ingkar.

Maka perbedaan antara Jin dan Syaithan dan Iblis adalah jikalau Jin adalah makhluk yang terbuat dari api yang tak pernah menggoda manusia, malahan Jin juga ada yang ta’at kepada Allah. Dan jikalau Syaithan adalah makhluk yang tercipta dari api yang tugas nya untuk menggoda Jin dan Manusia. Yang dimaksud dengan Syaithan bukan hanya Jin, tetapi Manusia pun ada yang dikategorikan dengan Syaithan. Tetapi jikalau Iblis adalah Nenek-moyang dari Jin dan Syaithan.